Naskah Film Pendek _lima penggalang

 mudah

LIMA PENGGALANG

Adegan 1 IN.(dalam kantor siang, sepi)
Pemain : pak Sobirin, pak Zaenal, dan Bu ruminah
Property : papan rapat, spidol, laptop, seragam guru.

(Guru rapat memutuskan tempat untuk melakukan uji SKU)
Pak Sobirin : (berdiri di depan guru-guru dan menjelelaskan tentang rapat hari itu)
“setelah dipertimbangkan asil musyawaroh maka saya memutuskan tempat uji SKU akan dilaksanakan di Hutan Pinus”

Bu Rumi : (mengangkat tangan)
“tapi pak apa tidak berbahaya?

Pak Sobirin :
“ justru bagus kan melatih keberanian peserta pramuka.”

Pak zaenal :
“saya punya ide bagaimana kalau kita melkukan pengecekan, misalnya kita menyuruh sebagian pengurus pramuka untuk mengecek lokasi tersebut”.

Pak Sobirin :
“ baik saya setuju, bagaimana dengan yang lain?”
Semua guru :
“kami setuju”

Adegan 2 IN. (depan kelas 8 pi, siang sepi, waktu istirahat pertama)
Pemain : Keyla, teman Keyla (figuran)
Property : seragam guru dan siswa, meja kursi.
(Bel istirahat berbunyi Salah seorang pratama dipanggil ke kantor guru.)
Teman keyla :
“keyla tu kamu dipanggil ke kantor” (menoleh kearah kantor)
Keyla :
emang aku salah apa kok pake dipanggil ke kantor segala?
Teman keyla :
(menggelengkan kepala dan mengangkat tangan)

Adegan 3 IN (ruang tamu guru, siang sepi)
Pemain : pak zaenal, dan Keyla
Property : meja kursi
(Keyla bingung mengapa ia dipanggil kekantor)
Keyla : (bingung)
maaf pak kenapa saya di panggil ke sini pak? Perasaan saya gak berbuat salah kan pak?
Pak Zaenal : (duduk)
gini saya hanya ingin menyampaikan hasil rapat guru kemarin bahwa akan dilaksanakan uji SKU di Hutan Pinus, berhubung kita belum mengerti keadaan, terpaksa pengurus pramuka kami minta untuk mengecek tempat tersebut selama beberapa hari”
Keyla (pratama) :
oh….baik pak nanti saya akan memberitahukan ini semua kepada anggota pramuka lain.
Pak zaenal :
baik, semua persiapan kami serahkan ke kalian semua.
keyla :
Baik pak.
(Keyla keluar dari kantor menuju salah seorang temannya yang termasuk anggota pramuka)

 

Adegan 4 IN (saung OSIS, siang, sepi)
Pemain : Reno, Keyla
Property : seragam siswa
(Salah seorang anak berhadap pada Keyla ia bernama Renova).
Renova :
“ ada apa key, kox tumben kamu manggil aku ke sini”
Keyla :
“ ini ren e e guru menyuruh kita untuk melakukan pengecekan pada tempat yang akan digunakan sebagai tempat uji SKU”.
Renova :
terus ?????
Keyla :
“aku minta tolong nanti kumpulin anak-anak disuruh rapat untuk melakukan persiapan, tepatnya nanti jam 2 siang sesudah pulang sekolah”.
Renova :
siap bos!!!!!!!!
Keyla :
ya udah aku balik ke kelas dulu ya……
(Keyla dan renova kembali ke kelasnya masing masing).
Adegan ke 5 (kelas ramai, jalan ramai)
Pemain : Keyla, Aurel, Zaskia, Reno, Reza
Property : alat tulis, saung OSIS
(Bel pulang pun berbunyi keyla menuju ke saung untuk menemui teman-teman yang lain, ternyata semua temannya suda menunggunya.)
Keyla : (malu)
“ maaf teman-teman aku terlambat”
Aurell : (menenangkan)
“gak pa pa kok, toh kita semua juga baru dateng kok”.

Keyla :
“ya udah kita mulai ya rapatnya. (menjelaskan dan berdiri di depan teman-temannya). Gini temen-temen tadi bapak pembina pramuka memberi tahu aku ahwa kita semua di suruh untuk melakukan pengecekan di tempat yang akan dilakukan uji SKU”.
Zaskia : (wajah cemberut seakan tidak setuju)
“emang tempatnya di mana?”
Keyla : (meyakinkan)
“e e e e kata pak zaenal si ada di Hutan Pinus”
Zaskia : (kaget)
“haaaaaa???? Gila. Tahu gak tempat itu berbahaya, apa kalian mau kita semua mati.”
Reza : (membela zaskia)
“ya aku setuju dengan pendaat zaskia, aku gak mau mati konyol disana”.
Keyla : (membela diri)
“tapi ini sudah tugas kita seebagai pengurus pramuka”
Renova : (membela Keyla)
“benar kitakan seorang pengurus pramuka jadi ini merupakan kewajiban yang harus kita semua lakukan”.
Aurell : (ketakutan)
“tapi tempat itu gak berhantu kan???? Aku takut”.
Keyla : (menjelaskan)
“teman-teman kalian tenang aja, aku yakin tempat itu gak se ngeri yank kita fikir kok”.
Reza :
“ya aku setuju dengan keyla, jangan jadikan pramuka sebagai title doang dong. Buktikan bahwa kita bisa melakukannya”
Renova, aurell dan zaskia :
“ya ya kami ikut”.
Keyla : (tersenyum)
“nah gitu dong, kita mulai persiapannya sekarang terus kita berangkat besok pagi. Jam 8 kita harus sudah siap”
Teman-teman keyla:
Siap positif.
Adegan 6 ( depan kantor, sepi siang pakaian pramuka lengkap)
Pemain : Keyla, Pak Sobirin
Property : tongkat, tas punggung, tenda
(Lima anak pramuka beserta dewan guru berkumpul. L A P meminta doa restu kepada semua guru sekaligus berpamitan.)
Keyla :
“pak bu’ kami minta doa restu kalian”
Pak Sobirin :
“ya kami semua akan mendoakan kalian”.
Keyla :
“ kami pamit pak assalamu’alaikum”
Semua guru :
“ wa’alikum salam”
(LAP. Berangkat dengan penuh rasa takut dan tegang.)
Adegan 7 (jalan, lelah, siang)
Pemain : Zaskia, Keyla, Reno, Reza
Property : tongkat, tas punggung, tenda
(Zaskia mengeluh karena dia merasa kelelahan.)
Zaskia : (cemberut)
“aduh lelah banget……… kaki aku mau copot nih.
Renova : (melirik Zaskia)
“ih zskia kamu lebayy banget.
Zaskia : (marah)
“biarin”
Keyla : (melerai pertengkaran)
“udah udah kalau berantem terus kapan nyampainya.
Reza : (Membela Keyla)
” bener tu kata Keyla”
(Mereka pun melanjutkan perjalanan walau mereka kelelahan).

Adegan 8 (Siang, sepi, kelelahan)
Pemain : Aurel, Reno, Reza
Property : 2 buah tongkat, tali tambang, tenda
(Lima Anak Pramuka telah sampai di tempat yng mereka tuju yaitu Hutan pinus, mereka langsung mendirikan tenda dan beristirahat).
Aurell : (lelah)
Akhirnya sampe ,juga di tempat ini…….. tapi kok tempatnya serem banget.
Reza : (membela Aurell, sambil memukul tangannya karena kegatelan)
“ya aurell aku setuju, gila apa kita disuruh nginep disini. Mana tempatnya serem banget, dingin, banyak nyamuk lagi”.
Renova : (mengajak mendirikan tenda, sambil mengangkat tenda)
“udah daripada ngeluh melulu mending kita ndiri’in tenda buat istirahat.

Adegan 9 (siang menjelang sore, lelah, bermusyawarah)
Pemain : keyla, Reno, Reza dan Zaskia
Property : tas, kompas, senter, alat tulis

(L.A.P beristirahat sambil merencanakan kegiatan apa saja yang akan dilakukan seperti pengecekan saat malam tiba.)
Keyla : (mengeluarkan barang – barang yang dibawa dalam tasnya dan melamun)
“ternyata tempat ini jauh juga, VO selain itu tempat ini konon katanya banyak penghuninya apa itu benar, tapi buat apa aku takut aku sudah capek-capek dateng kesini lagi pula aku gak sendirian”.
Renova : (mengagetkan Keyla)
“ dorrrrrrr……………….. hayo Keyla lagi ngelamunin siapa?
Keyyla : (kaget, sehingga benda yang dipegang terlempar).
“Ihh Renova ngagetin aja orang aku gak Ngelamun juga.”
Renova :
“ iiih boong orang aku liat juga, ohya katanya mau rapat. Gimana kalu temen-temen aku panggil kesini?”
Keyla :
“Boleh”.
(Semua anak datang kepada keyla dan merekapun mulai rapat).
Keyla : (memimpin rapat)
“ teman-teman dlm rapat kali ini kita akan membahas kegiatan yang akan kita lakukan nanti malem”.
Zaskia : (membantah)
“Whatts???? Pokoknya aku gak setuju, jam segini ja dah serem pa lagi nanti malem, kamu gila ya Key???”
Keyla : (menasehati)
“ya itu memang tugas kita mengecek keadaan tempat ini terutama malem, toh kitakan anak pramuka jadi kita harus berani menghadapi semua tantangan ini”.
Renova : (membela Keyla)
“bener tu kata keyla”.
Reza : (mencela renova)
“pa kamu ren Sukanya ikut-ikutan aja”.
Renova : (membela diri) Biarin .
“Masalah Buat loe???”
Aurel : (mengajak rapat untuk segera dimulai, Wajah ketakutan)
“udah mending kita mulai aja rapatnya undah keburu malemm
Merekapun Rapat dan saling melengkapi.

 

Adegan 10 (Luar, Sekitar daerah hutan pinus, sunyi sepi, malam hari, penuh dengan suara aneh)
Pemain : Keyla
Property : alat tulis
(L.A.P berkumpul untuk memulai kegiatan yang akan mereka lakukan, seperti mengecek tempat-tempat tertentu. terjadi peristiwa hilangnya Keyla yang jatuh ke jurang saat mengecek tempat yang konon berhantu).
Keyla : (memimpin)
“ baik teman-teman sebelum kita berangkat sebaiknya terlabih dahulu kita membaca Do’a.. Berdo’a di mualai .(semua anak menundukkan kepala) selesai.Baik dari sini kita berangkat sama-sama, tapi di tengah perjalanan kita berpencar, Renova bersama Reza kesebelah sana, Zaskia, Aurel dan Aku Kesebelah sana, paham. Baik kita mulai.”

Adegan 11 (Luar, Sekitar daerah hutan pinus, sunyi sepi, malam hari, penuh dengan suara aneh)
Pemain : Reno, Reza
Property : senter, seragam pramuka
(Renova dn Reza ketakutan karena mereka mendengar dan dihantui oleh beberapa hantu, dan mereka berlari terbirit birit mencari ketiga temannya).
Renova : (ketakutan)
“ aduh kamu denger sesuatu gak za?”
Reza : (merasa B.O.T)
“ pa sih Ren, gliran gak ada Keyla Kamu cemen banget jadi anak.
Renova : (ketakutan)
“tapi gak ini beneran bulu kudup ku berdiri semua”.
Reza : (menengok kebelakang)
“ Ren Ren Lihat di be be belakang kita”.
“han han hantuuuuuuuu”.
(Mereka berdua berlari terbirit-birit).

Adegan 12 (Hutan Pinus tempat Keyla, Aurel dan Zaskia berada. Sepi, menegangkan)
Pemain : Aurel, Zaskia,, Keyla
Property : senter, seragam pramuka, hantu
(Aurel an Zaskia ketakutan dan mereka juga ditakut takuti oleh hantu).
Aurel : (memegang tangan zaskia)
“Zas baru kali ini aku ke tempat serem banget kaya gini”.
Zaskia : (memegang senter dan tak sengaja menyinari sesosok berbaju putih)
“iya, dimana lagi Keyla,
Keylaaaaaaaaaaa……………….. wah itu Keyla.”
Keyla : (memberitahukan keberadaanya)
“aku di sebelah kalian”
Aurel :
“ kalau kamu Keyla itu siapa????
Hantu : (menakut nakuti dengan suara besar)
“Siapa kalian??”
Aurel + Zaskia + Keyla : (ketakutan dan lari terbirit-birit)
“ Han han hantuuuuuu”
Adegan 13 ( Jurang, Menegangkan sepi, malam)
Pemain : Keyla, Aurel, Zaskia
Property : jurang, pakaian pramuka, senter
(Karena Aurel, Zaskia dan Keyla sangat ketakutan mereka lari dan tak tahu arah kemana mereka pergi. Hingga akhirnya Keyla salah memilih jalur, dan ia terpeleset ke dalam Jurang).
Keyla : (Menjerit terjatuh)
“aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa”
Aurel + Zaskia : (memanggil Keyla)
“Keylaaaaa”.
Adegan 14 (tepi Jurang, sepi, ketakutan, Kacau)
Pemain : Aurel, Zaskia
Property : senter, seragam pramuka
(Aurel dan Zaskia bingung mereka harus berbuat apa, harus mencari Keyla atau lari menghindar hantu yang mengejar mereka).
Aurel : (bingung)
“aduh bagaimana nih, Keyla jatuh kedalam Jurang. Kita harus bagaimana.
Zaskia : (bingung)
“ya aku juga bingung, kalau kita nolongin keyla, kita akan di tangkap hantu tadi, tapi kalau kita lari gimana nasib Keyla”
Aurel : (menunjuk hantu)
“lihat itu Zas”
Aurel + Zaskia : (ketakutan)
“han han hantuuuuuuu”
(Merekapun lari dan lupa bahwa mereka harus menolong Kyla yang sedang terjeak di dalam jurang).
Adegan 15 (malam, kaget, kacau)
Pemain : Reno, reza, Zaskia, Aurel
Property : senter, seragam pramuka
(Zaskia, Aurel, renova dan Reza saling ungkurungkuran dan mereka tertabrak)
”hantuuuuu”
Zaskia dan Aurel : (menabrak dan menoleh)
“ aaaaaaaaaaa”
Zaskia : (marah)
“ ih reno, reza ngagetin aja”.
Reno : (menunduk)
“ maaf kirain kalian berdua hantu si”.
Aurel : (melerai)
“udah udah”
Reno : (menengok kesana dan kemari)
“oh ya Keyla mana, kok gak bareng kalian???”
Reza : (menghadap Zaskia dan Aurel)
“ iya ya mana Keyla??”
Aurel : (menjelaskan)
“nah itu, tadi pas kita lari Keyla terpeleset dan ia jatuh kedalam jurang”.
Reno : (marah)
“ kenapa gak kalian tolong????”
Zaskia : (membela diri)
“ kamu jangan marah gitu dong Ren, tadi pas aku ama Aurel mau nolongin kita di hantui sesosok orang berbaju putih”.
Reza : (membela Zaskia)
“ya ren, kamu jangan gitu dong. Toh kita tadi juga di kejar2X hantu kan.”
Reno : (marah)
“ alasan, aku tahu kalian memang seneng kan kalau keyla gak ada”
Zaskia : (marah)
“ eh jaga ya mulut kamu”
Aurel :
“ udah-udah kalau kalian berantem terus, kapan kita mau cari Keyla, kasihan dia”.
Reza : (mengeluh)
“ tapi kayanyagak mungkin kita mau cari sekarang, waktu udah larut malam lihat ini dah jam 12 malam, lebih baik kita istirahat mengumpulkan tenaga untuk besok saat kita mencari Keyla”
Aurel :
“bener kata Reno, lebih baik kita semua beristirahat”.
(Mereka semua kembali ke perkemahan).
Adegan 16 (pagi, laper, lelah. Dalam tenda)
Pemain : Aurel
Property : tenda, taspunggung
(Ketika Aurel bangun, teman-teman yang lain, sudah ada di luar tenda. Mereka sedang menghangatkan badan dengan duduk di tepi pi unggun).
Aurel : (bangun tidur, menguap)
“ ha??? Dimana yang lain, kok aku ditinggal sendirian??? Mungkin mereka ada di luar tenda”.
Adegan 17 (luar tenda, bingung)
Pemain : Reza, Reno, Zaskia, Aurel
Property : Api unggun, tenda.

Aurel : (bingung)
“eh, ternyata kalian semua ada disini, kirain kemana”
Zaskia : (menegur)
“ la kamu di bangunin dari tadi gak mau bangun”.
Renova : (menengok teman-teman)
“oh ya katanya kita mau cari Keyla, tapi aku laper”
Reza : (kesel)
“iya sabar, katanya kamu laper. Lebih baik kita makan dulu”.
Zaskia : (kesel)
“mau makan apa, kita kan gak bawa persediaan dari rumah”
Aurel : (tersenyum)
“oh ya, kalian inget gak kata Keyla bahwa anak pramuka dapat merubah apapun menjadi barang berguna, salah satunya makanan”.
Renova ; (tersenyum)
“ iya aku inget, wah kadang-kadang otakmu encer juga”.
Aurel : (GR dan tersenyum)
“aurel gitu lohhh”
Reza : (mengeluh)
“ tapi, kita kan harus mencari bahan apa yang dapat kita makan, sebaiknya sambil mencari bahan makanan kita juga mencari Keyla.”
Aurel : (menoleh reza)
“ya aku setuju”.
Reza : (mengajak untuk pergi)
“ ya udah kita pergi yukkk”
(Merekapun berangkat dan membawa peralatan ringan, seperti pisau kecil).
Adegan 17 (semak-semak tumbuhan kemencut, lapar, kaget)
Pemain : Aurel, Zaskia, Reno, Reza
Property : pisau, seragam pramuka, semak-semak
Renova : (seneng)
“wah inikan buah yang kata Keyla dapat dimakan”
Aurel : (seneng)
“iya ya, inikan buah kemencut”.
Zaskia : (kaget)
“apa inikan tanaman liar, mana bisa dimakan???
Aurel : (memetik satu buah dan memakannya)
“wah manis, cobain dechhh”
Reza dan reno : (memetik buah dan mencoba memakannya)
“wah bener kata Aurel, buah ini rasanya manis, coba Zas.
Zaskia : (kepingin)
“tapi buahnya dah habis dimakan kalian, eh disana ada lagi”. (zaskia mencoba meraih buah tersebut namun ia tersandung oleh kaki Keyla). “aduh…. apa si ni??? Mayattt.
Adegan 18 (semak semak, kaget)
Pemain : Keyla, Reno
Property : seragam pramuka, semak -semak
(Keyla yang sedang istirahat karena baru tersadar dari pingsannya kaget).
Keyla: (ketakutan)
“mana mayat mana mayat”
Renova : (heran, kaget)
“ Keyla???? Kamu keyla kan??? Ternyata kamu disini????”
Keyla : (kaget)
“renova??? Iya aku terjebak dan gak tahu jalan pulang”.
Adegan 19 (semak, bingung, eran, ramai)
Pemain :Keyla, Zaskia, Reza, Aurel
Property : pisau, seragam pramuka, semak-semak
(Aurel, reza, dan zaskia yang melihat Keyla dan Renova yang sedang berbincang, mereka langsung menuju ke tempat Keyla dan renova berada).
Aurell : (bingung)
“ mana keyla???”(tersenyum bahagia) “keylaa??? Akhirnya kamu ketemu juga”.
Keyla : (tersenyum)
“makasih, ya aku juga seneng bisa ketemu kalian lagi.”
Zaskia : (tersenyum)
“oh ya karena keyla udah ketemu, lebih baik kita semua sama-sama cari tumbuhan yang dapat dimakan di sekitar tempat ini”.
Reza : (senang)
“ ya aku setuju, aku dah laper banget nih”
Keyla : (datar)
“ya udah kita pergi yuk”
(Mereka semua meninggalkan tempat itu dan menuju ke sebuah empat yang terdapat makanannya).
Adegan 20 (sebuah kebun, ramai, bahagia)
:Pada adegan ini lima anak pramuka mencari makanan dan bercanda riang . (Disini hanya pengambilan gambar dan suara lagu) brakdown Mitha ”Arti sahabat”
Adegan 21 (sunyi, lelah, kenyang, siang)
Pemain : Keyla, Reno
Property : pisau, seragam pramuka, semak-semak
(Keyla mengajak teman-teman untuk kembali ke perkemahan).
Keyla : (meyakinkan)
“eh teman-teman sepertinya tugas kita mengecek tempat ini sudah selesai, lebih baik kita pulang”
Renova : (menengok Keyla)
“ya aku setuju”
(Mereka kembali keperkemahan).
Adegan 22 (siang lelah, sepi)
Pemain : Keyla, Reno
Property : Sampah, seragam pramuka
(Lima anak pramuka membereskan semua alat-alat yang mereka awa untuk segera pulang).
(Aurel dan zaskia membereskan tas lima anak pramuka, reno dan reza melipat tenda dan keyla membersihkan tempat disekitar tenda).
Keyla : (lelah, membawa sampah)
“alhamdulillah akhirnya selesai juga”
Renova : (menghampiri Keyla)
“kita semua juga dah selesai key”
Keyla : (senyum)
“ya udah kita pulang yuk”
(Mereka semua kembali ke sekolah, dengan bahagia).
Adegan 23 (sekolah, depan MTs. , siang, sepi)
Pemain : aurel, zaskia, reno, reza, keyla
Property : tenda, tas punggung, tongkat,
Aurel : (seneng)
“akhirnya kita sampai, Daarul Ishlah i’m coming”
(Lima anak berlari langsung menuju ke MTs. Dan
TAMAT (brak sound . lagu Praja Muda Karana)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s