Naskah Film Pendek _the fino

a

THE FINO
CREATED BY:
FADE IN:
TEASER
SCENE 1.INT.KAMAR.KOSAN (NOON)
Cast: Fino, Reza
Suasana pagi hari di kos-kosan.
REZA(O.S)
Nama aku Reza. Aku siswa kelas 8 MTs. Daarul ishlah. Dan ini temen gue, namanya Fino.
(pause)
CAMERA MOVE TO: FINO SEDANG MERAPIKAN PAKAIAN.
REZA(CONT’D)
Dan ini aku REZA.
(pause)
CAMERA MOVE TO: Reza sedang tidur.
REZA(CONT’D)
Cerita ini bukan bercerita tentang aku, tapi tentang temenku FINO.
CAMERA MOVE TO: Fino berjalan meninggalkan kamar kos, lalu menutup pintu
CUT TO:
SCENE 2.EXT.MONTAGE SCENE
START MUSIC
MONTAGE: Fino menyebrang jalan. Keramaian Sekolah. Fino masuk ke ruang rapat.
CAMERA CU: Inisial ruang rapat.
END MUSIC
CUT TO:
SCENE 3.INT.RUANG RAPAT (NOON)
Cast: Fino, Alvin, Ira, Anak-anak OSIS
Rapat pengurus OSIS berlangsung panas. Alvin memprotes kebijakan Fino.
ALVIN
(Sinis)
Interupsi. Aku tidak setuju dengan ide kamu. Ide kamu itu sudah melenceng dari Program Kerja kita! 4 bulan lalu kita sudah bikin acara amal. Aku pikir alangkah baiknya kalau kita membuat sebuah acara yang lebih ber-dampak langsung untuk anak-anak OSIS.
FINO
(Suara meninggi)
Terus kamu mo buat apa? Aku tau yang ada di pikiran kamu! Dari dulu kamu mau buat event hura-hura kan! Kenapa sih Vin kamu tuh selalu ngotot! Padahal kamu sendiri tau kan, kalau dari dulu ide kamu itu selalu di reject sama pembina OSIS!
ALVIN
Bukan itu maksud gue No, maksud gue…
FINO
(Memotong pembicaraan Alvin)
Terus maksud kamu apa!
(pause)
FINO (CONT’D)
Sekarang kita aklamasi aja, yang setuju ide aku silahkan angkat tangan.
Seluruh peserta rapat mengangkat tangan, kecuali Alvin.
CUT TO:
SCENE 4.INT/KAMAR KOS FINO (NOON)
Cast: Fino, Extras
Fino membuka tas dan dompet. Jumlah uang Fino hanya Rp 5.000. Fino menutup kembali dompet, wajah murung…
CUT TO:
SCENE 5.EXT.TERAS.KOS-KOSAN (NIGHT)
Cast: Fino, Reza
Fino sedang membuat tugas. HP Fino berbunyi. Fino mengambil HP-nya yang ada di tempat tidur.
SFX SOUND: Suara ringtone HP Fino.
Fino
Halo…
BAPA FINO(O.S)
Halo nak.
FINO
(Panik)
Bapa, ada apa Bapa telepon malam-malam? Ibu gak apa-apa kan Pa?
BAPA FINO(O.S)
Ibu baik-baik saja. Bapa hanya ingin memberitahu, kalau Ibumu besok akan dioperasi. Tapi kamu tidak usah khawatir, kamu fokus saja pada sekolahmu.
FINO
Baik Pak. Fino pasti akan belajar dengan serius. Salam untuk ibu ya Pak.
Fino menutup HP-nya. Fino termenung. Reza mengagetkan Fino.
REZA
Kenapa Sob? Ada masalah apa?
FINO
Gak ada apa-apa kok.
Fino kembali melanjutkan membuat tugas.
CUT TO:
SCENE 6.EXT.LORONG.SEKOLAH (NOON)
Cast: Fino, Ira, Extras
Fino baru saja keluar kelas. Di lorong Fino melihat Ira.
FINO
(Berteriak)
Ira…
Ira melihat ke arah Fino. Fino berlari ke arah Ira.
IRA POV: Fino yang berlari kearahnya.
FINO
Baru keluar kelas ya Ra?
IRA
Iya.
FINO
Kamu pasti lapar. Kita makan siang bareng yuk.
IRA
Boleh.
CUT TO:
SCENE 7.INT.KANTIN.SEKOLAH (NOON)
Cast: Fino, Ira, Extras
Fino dan Ira asyik menyantap makanan pesanan mereka.
FINO
Ra, aku boleh minta tolong gak?
IRA
Minta tolong apa?
FINO
Kalau boleh, aku mau lihat buku keungan OSIS.
IRA
(Tersenyum)
Ha…ha… aku kirain kamu mau minta apa. Ya boleh lah, kamu kan ketua OSIS.
FINO
Bukan cuma itu aja sih. Aku juga mau minta tolong yang lain.
IRA
Apa?
FINO
Aku mau untuk dana amal kita kali ini, kamu buatin anggaran yang lebih besar dari sebelumnya. Kalau bisa 1 juta.
IRA
(Tersedak)
Apa? Itu kan besar banget No…
FINO
Iya sih, tapi panti yang kali ini beda. Anak asuhnya lebih banyak, dan kebetulan mereka bulan ini ada acara. Tapi, mereka janji akan bikin rincian atas dana yang kita kasih. Jadi kamu bisa kan bantuin aku.
Ira menganggukkan kepalanya.
CUT TO:
SCENE 8.INT.KANTOR OSIS (AFTERNOON)
Cast: Fino, Ira, Anak-anak OSIS
Anak-anak OSIS berkumpul di sekret. Ada yang sedang curhat, ada juga yang sedang bercanda saat Fino dan Ira datang.
GAGAN
Cieh… kayanya makin hari ada yang makin mesra aja nih. Siapin anggaran buat traktirannya yang gede ya…
FINO
Ga usah ngaco deh!
CUT TO:
SCENE 9.INT.RUANG OSIS (NOON)
Cast: Fino
Fino duduk di depan komputer. Fino membuat surat permohonan panti asuhan yang direkayasa. Fino mengeprint surat hasil rekayasa.
CAMERA CU: Printer saat mencetak surat panti asuhan yang direkayasa.
FINO tersenyum kecil.
FINO POV: Melihat surat rekayasa.
CUT TO:
SCENE 10.INT.SEKRET OSIS (MORNING)
Cast: Fino, Ira, Anak-anak OSIS
Ira berada di meja kerjanya. Fino datang memberikan surat dari panti asuhan.
FINO
Ira, ini surat dari panti asuhan yang akan kita beri sumbangan.
IRA
Oke…
Fino duduk di sebelah Ira. Fino memandangi Ira dalam-dalam. Ira yang merasa diperhatikan oleh Fino menjadi salah tingkah.
IRA
Kamu kok ngeliatin akunya kaya gitu sih.
FINO
Abis kamu cantik banget sih hari ini.
Fino dan Ira saling memandang. Fino dan Ira tidak sadar jika beberapa anak OSIS ada yang datang ke sekret.
GAGAN
Ehem… untung aja ya kita yang dateng jadi cuma duduk duduk doang. Coba kalau setan yang dateng, ehm ga jamin deh…
FINO
Iya, setannya ga datang. Yang dateng rajanya setan!
CUT TO:
SCENE 11.EXT.PARKIRAN MOTOR.MTs (AFTERNOON)
Cast: Alvin, Santo
Alvin duduk di atas motor Santo. Alvin menunggu Santo. Santo berjalan menuju motornya.
CAMERA MOVE TO: Santo berjalan menuju motornya. Santo melihat Alvin di atas motornya.
SANTO POV: Alvin duduk di atas motornya.
SANTO
Ada apa Vin?
ALVIN
Ada yang mau aku tanyain sama kamu To.
SANTO
Soal apa?
ALVIN
Em… kamu ngerasa gak sih, kalau ada yang aneh sama acara pengumpulan dana amal kali ini.
SANTO
(Berfikir)
Biasa aja ah…
ALVIN
Gini deh, aku punya rencana untuk ngusut hal ini. Tapi masalahnya kamu mau bantuin aku gak?
SANTO
Aku mau-mau saja sih. Tapi, emangnya rencana kamu apaan sih?
ALVIN
Rencana aku sih…
(dialog di bagian rencana di mute)
ALVIN(CONT’D)
Gimana, kamu mau bantuin aku kan?
SANTO
(Menganggukkan kepala)
Oke.
ALVIN
(Berjabat tangan)
Thank’s ya bro…
CUT TO:
SCENE 12.INT/EXT.LORONG.MTs (NOON)
Cast: Fino, Ira, Fanny, Extras
START MUSIC
Fino dan beberapa anggota OSIS sedang meminta sumbangan dana. Sesekali Fino dan Ira saling mencuri pandang.
END MUSIC
CUT TO:
SCENE 13.INT.SEKRET OSIS (AFTERNOON)
Cast: Fino, Ira, Fanny
Fino, Ira dan Fanny menghitung uang yang berhasil dikumpulkan.
FINO
190, 195, 200, 210.500 Di kotak 1 terkumpul Rp 210.500,00
Ira mencatat uang yang telah dihitung Fino.
IRA
Kalau di kotak 2 dapet berapa Fan?
FANNY
Di kotak 2 terkumpul Rp 117.200,00
Ira mencatat uang yang telah dihitung Fanny.
IRA
Jadi setelah dijumlahkan, totalnya Rp 327.700,00
FINO+FANNY
(Bersama-sama)
Alhamdullilah.
CUT TO:
SCENE 14.INT.KOSAN. dan KAMAR IRA (NIGHT)
Cast: Fino, Ira, Reza
Fino berdiri di terasnya. Fino menelepon Ira.
FINO
Ira, terima kasih ya.
IRA
Terima kasih buat apa?
FINO
Terima kasih karena kamu udah mau bantuin aku untuk nyuksesin pengumpulan dana amal kita.
IRA
Sama-sama kok. Lagipula itu memang udah jadi tanggung jawab kita sebagai pengurus OSIS.
FINO
Oh iya Ra BTW, anggaran dana amal udah kamu buat sesuai dengan yang aku minta kan.
IRA
Sudah kok.
FINO
(Tersenyum)
Makasih banget ya Ra, aku jadi makin sayang sama kamu.
CUT TO:
SCENE 15.INT.RUANG RAPAT.SEKOLAH (NOON)
Cast: Fino, Ira, Santo, Fanny, Extras
Fino berdiri di depan para anggota OSIS. Fino melaporkan hasil pengumpulan data amal.
FINO
(Menunjukkan hasil pengumpulan dana)
Jadi seperti yang kita lihat, dari pengumpulan dana amal yang kita laksanakan kemarin berhasil terkumpul Rp 327.700,00. Hasil tersebut ditambah 1 juta dari dana program OSIS, jadi total dana yang akan kita sumbangkan adalah Rp. 1.327.700,00.
CAMERA MOVE TO: Anak-anak OSIS yang sedang melihat rekapitulasi dana amal dari fotocopy yang telah dibagikan.
FINO
Dan hari ini juga dana yang telah terkumpul ini akan langsung kita serahkan kepada panti asuhan yang telah kita pilih.
CUT TO:
SCENE 16.MONTAGE SCENE.AKTIVITAS FINO (NOON)
Cast: Fino, Extras
START MUSIC
MONTAGE: Fino memasukkan hasil dana amal ke dompetnya. Fino jajan diwarung, Fino membeli beberapa perlengkapan sekolah..
END MUSIC
CUT TO:
SCENE 17.INT.KANTIN.MTs (NOON)
Cast: Alvin, Santo, Fanny
Alvin duduk di kantin bersama Santo dan Fanny. Alvin menceritakan kejanggalan penghitungan dana.
ALVIN
(Menunjuk kertas rekapitulasi dana amal)
Sekarang kamu berdua perhatiin. Apa pernah dalam sejarah, kalau OSIS mengeluarkan dana kas yang begitu besar untuk dana amal!
SANTO
(Menggelengkan kepalanya)
Sepengetahuan ku, kayanya gak pernah deh.
ALVIN
1 lagi yang bikin aku curiga. Fino tuh gak pernah ngebahas panti asuhan yang akan menerima dana amal kali ini.
FANNY
Kita gak bisa tinggal diam. Kita harus usut tuntas hal ini.
CUT TO:
SCENE 18.INT.SEKRET OSIS (NOON)
Cast: Santo, Fanny
Santo dan Fanny mencari bukti-bukti yang mencurigakan di sekret OSIS. Santo dan Fanny berhasil menemukan kertas permohonan dari panti asuhan yang direkayasa oleh Fino.
CUT TO:
SCENE 19.EXT.JALAN RAYA (NOON)
Cast: Alvin, Santo
START MUSIC
MONTAGE: Alvin dan Santo naik motor di jalan raya. Alvin dan Santo menanyakan alamat. Alvin dan Santo tiba di alamat yang dituju. Pada alamat yang dituju hanya terdapat rumah tua (gudang PTPN).
END MUSIC
SANTO
Kamu yakin ini alamat yang kita cari?
ALVIN
Iya, Desa Sumber Sari Rt.3 Rw 3 nomor 4 Kecamatan Banjaran. Ya ini dia alamatnya.
SANTO
(Merebut kertas alamat)
Coba gue lihat.
SANTO POV: Kertas alamat yang bertuliskan Desa Sumber Sari Rt.3 Rw 3 nomor 4 Kecamatan Banjaran.
SANTO
(Kesal)
Sialan! Kita sudah ditipu mentah-mentah sama si Fino!
Alvin memfoto rumah tua dengan kamera di HP-nya.
ALVIN
(Sambil memfoto, tertawa sinis)
Hm… foto ini akan membungkam mulutnya yang besar itu.
CUT TO:
SCENE 20.INT.RUANG RAPAT.SEKOLAH (NOON)
Cast: Fino, Ira, Alvin, Santo, Fanny, Extras
Semua anggota OSIS berkumpul di ruang rapat. Semua sudah duduk di tempat mereka masing-masing.
FINO
Selamat siang semuanya. Karena semua sudah berkumpul, kita mulai saja rapat bulanan kita.
(pause)
CAMERA CU: Wajah Alvin, Santo, Fanny.
FINO (CONT’D)
Pertama-tama kita akan membahas…
ALVIN
(Berdiri, Memotong pembicaraan FINO)
Kita bahas masalah pengumpulan dana amal yang kita lakukan kemarin.
FINO
(Kesal, Berdiri)
Lagi-lagi kamu Vin! Kenapa sih kamu selalu mengacaukan rapat! Apa kamu lupa tata cara rapat, atau jangan-jangan kamu memang gak diajarin etika sopan santun!
SANTO
(Emosi, Berdiri)
Aku rasa kamu yang gak diajarin etika kehidupan!
FANNY
(Berdiri)
Dan seharusnya kamu berkaca sama diri kamu sendiri sebelum kamu ngomong sama orang lain!
FINO
(Bingung)
Maksud kamu apa sih Vin! kamu berdua juga, apa-apaan sih! Udah deh kalian gak usah membuat aku tambah pusing.
(pause)
FINO (CONT’D)
(Mencoba tenang, duduk)
Sekarang aku minta kamu semua duduk, biar kita lanjutkan rapatnya.
SANTO
Kita gak akan duduk sebelum kamu ngejelasin sama kita, kemana kamu bawa duit hasil pengumpulan dana amal kemarin.
FINO
Kalian mau tau uangnya kemana?! Uangnya udah aku serahin sama panti yang udah kita pilih. Puas!
FANNY
(Tegas)
Kalau gitu kita mau lihat tanda terimanya.
FINO
(Mencoba tenang)
Sorry aku lupa. Tanda terimanya ketinggalan di kos kosanku.
ALVIN
Kalau gitu kita mau tau, apa nama panti yang menerima dana amal kita?
FINO
(Emosi)
Mau kalian apa sih! Belum puas kalian menyudutkan aku dengan pertanyaan-pertanyaan kalian!
ALVIN
(Menunjukkan bukti-bukti)
Belum. Kita belum puas sampai kamu menjelaskan tentang semua ini!
Alvin menunjukkan bukti-bukti yang terkumpul. Dari surat permohonan rekayasa hingga foto-foto yang telah di cetaknya dari HP-nya. Alvin melemparkan bukti-bukti ke atas meja.
CAMERA CU: Bukti-bukti yang dilemparkan Alvin ke atas meja.
CUT TO:
SCENE 21.INT.RUANG PEMBINA OSIS. (NOON)
Cast: Fino , Pembina OSIS ( dua orang)
Fino duduk di tengah ruangan sambil menunduk. 2 orang pembina OSIS menatap Fino.
Pembina I POV: Ricky duduk dengan tertunduk.
PEMBINA I
Setelah mempertimbangkan masalah ini dari berbagai sudut pandang. Dengan sangat menyesal kami harus men Drop-Out kamu.
CUT TO:
SCENE 22.MONTAGE SCENE.AKTIVITAS FINO (AFTERNOON)
Cast: Fino
START MUSIC
MONTAGE: Fino keluar dari ruang sidang pembina OSIS. Fino berjalan meninggalkan sekolah. Fino berjalan menuju kosan.
INTERCUT
SCENE 23.INT.KAMAR.KOS-KOSAN (AFTERNOON)
Cast: Fino , Reza
Fino membereskan pakaiannya. Fino berjabat tangan perpisahan dengan Reza.
INTERCUT
SCENE 23.EXT.MONTAGE SCENE.AKTIVITAS FINO (EVENING)
Cast: Fino
MONTAGE: Fino berjalan di pinggir jalan (background Sekolah). Suasana Tombo sore hari. Reza di gerbang MTs memperhatikan Fino berjalan pergi meninggalkan semuanya. Reza melihat matahari terbenam.
REZA POV: Matahari terbenam.
REZA(V.O)
Hidup mengalir bagai air. Dan jalan ALLAH hidup berputar seperti roda. Kini waktunya kita menentukan, apakah akan berjalan maju seperti roda yang berputar atau mengalir turun seperti air yang mengalir.
Matahari tenggal.
CAMERA TURN TO: BEHIND REZA
SEKIAN…..

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s