MOS

MOS kok bawa benda benda aneh, perpeloncoan, bukan jamannya lagi coy…. kami melakukan sop semacam ini sudah mulai tahun 2001…..

SOP MOSIBA MTs. DAARUL ISHLAH T.P. 2014/2015

Waktu Kegiatan Durasi Proses Entrypoint Pendamping Kebutuhan alat

Hari Pertama

07.00 – 07.30 Upacara Pembukaan ,  Peserta berkumpul dilapangan, patugas dari pengurus osis, semua tim guru ikut upacara

07.30 – 08.00 Game perkenalan ,  Peserta dan fasilitator membuat lingkaran besar saling berdekatan, setiap peserta memperkenalkan namanya dimulai dari orang pertama menyebutkan namanya, asal sekolah serta alamat rumahnya sambil memegang bola kasti, kemudian bola tersebut dilemparkan kepada peserta berikutnya, dan peserta yang dilempar bola harus menyebut nama dan asal sekolah serta alamat rumahnya,begitu seterusnya secara berurutan sampai semua peserta memperkenalkan diri dan saling mengenal : Mengenal teman ,mengasah mental, tidak pemalu

08.00 – 08.30 Do – re – mi ,  Semua peserta berdiri melingkar, kemudian berhitung menggunakan nada, setelah itu dikelompokkan berdasar nada, selanjutnya setiap kelompok wajib membuat lagu yang harus memuat nama nama anggota kelompoknya, tampilkan  : Kompak, kerjasama, tidakminder, saling mengenal, kreatif

08.30 – 09.00 Materi sholat Dhuha,  Peserta diajari niat sholat dhuha dan do’anya kemudian diberi tugas untuk pekan pertama harus hafal niat dan untuk pekan ke 2 dan seterusnya do’a harus sudah hafal

09.00 – 09.10 Membuat Teman rahasia,  1. Setiap peserta dibagi menjadi 2 kelompok, 2. masing masing menuliskan namanya sendiri pada kertas yang disediakan oleh panitia 3. kartu diacak antar kelompok 4. masing masing peserta mangambil kartu nama orang lain 5. nama itulah yang menjadi teman rahasia 6. peserta diberi tugas untuk memberiperhatian pada teman rahasia sekaligus memberikan motifasi (jangan sampai ketahuan):  Saling memberi perhatian dan motivasi antar sesama peserta

09.10 – 09.30 Menilai kemampuan ,  Peserta memberi penilaian kpd diri sendiri dengan cara menempel kertas warna pada tabel yang disediakan panitia ; cara belajar, mts, aturan : Mengetahui kapasitas pengetahuan peserta

09.30 – 10.00 Menggagas mimpi ,  Peserta dibagikan metacard untuk menulis cita cita mereka masuk ke MTs. Daarul Ishlah / apa yang mereka inginkan selama MOS / sekolah di MTs, kemudian ditempelkan pada plano yang telah disediakan panitia : Mengetahui harapan dan cita cita peserta

09.10 – 10.00 Membuat aturan selama MOS ,  Peserta dibagi menjadi 4. kelompok : 1. apa yang boleh, 2. apa yang tidak boleh, 3. aturan waktu, 4. aturan sangsi, ——- presentasi hasil kelompok : Ada tata aturan yang peserta buat sendiri

10.00 – 10.30 Istirahat ,  Sebelum istirahat peserta menulis : semua orang adalah guru, semua orang adalah murid, pengalaman menjadi bahan pelajaran utama, belajar dengan sengaja sadar dan teratur, semua tempat adalah sekolah

10.30 – 10.40 Membaca tulisan menjelang istirahat ,  Masing2 peserta membaca tulisan, kemudian disuruh untuk menghafalkan hari esoknya harus sudah hafal ….. Tertanam prinsip belajar bersama.. OSIS

10.40 – 11.00 Perkenalan OSIS ,  OSIS memperkenalkan diri, anggotanya, program, kegiatan – kegiatan yang telah dilakukan selama ini.. Mengenal OSIS

11.00 – 12.00 Materi Tujuan MOS ,  Monolog dan Dialog / santai … Peserta mengetahui secara pasti yang dinginkan sekolah selama MOS

12.00 – 12.30 Game tali ruwet ,  Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, masing2 klmpk memegang ujung tali rafia yang disediakan panitia, berlomba untuk cepat terurai…. refleksikan : Kecerdasan, sabar, teliti

12.30 – 13.00 Jamaah Sholat Dhuhur

13.00 Pulang …….

Hari ke dua

07.00 – 07.15 Tadarus Al Qur’an ,  Semua peserta membaca Al Qur’an melanjutkan bacaan hari kemarin Lancar membaca al Qur’an

07.15 – 07.30 Monyet gelantung ,  (1) Peserta berdiri melingkar, kemudian secara bergilir dan berurutan setiap peserta harus menyebutkan satu angka, angka yang di gunakan satu sampai tiga,(2) Setelah semua orang menghapal angka yang disebutkan kemudian peserta saling mengaitkan tangannya dan permainan pun siap dimulai. (3) Fasililtator berdiri di tengah lingkaran peserta, kemudian akan meneriakkan setiap angka satu,dua atau tiga, apabila fasilitator menyebutkan angka satu maka semua peserta yang menghapal angka satu harus bergelantungan diantara tangan peserta disebelahnya, peserta lain harus berupaya sekuat tenaga untuk menahan peserta yang bergelantungan agar tidak terjatuh (4) begitu seterusnya dengan menganti angka –angka yang disebutkan. : Kepercayaan terhadap teman ,konsentrasi ,cepat tanggap

07.30 – 08.30 Memahami tujuan belajar,  Peserta dibagikan metacard kemudian menjawab pertanyaan – Apa cita-cita mereka sekolah di mts daarul ishlah satu metacard untuk satu jawaban, kemudian masing – masing membaca jawabannya, kemudian ditempel pada plano, pembimbing menyimpulkan dan mengelompokkan yang jawabannya sama, rayakan dengan tepuk tangan : Mengetahui harapan dan cita-cita peserta

08.30-09.00 Istirahat/ sholat dhuha

08.00-08.30 Memahami proses belajar ,  Apa yang harus dilakukan peserta untuk meraih cita-cita -bagi metacard – tempelkan -rangkum dan deskripsikan : Memahami bahwa untuk mencapai cita-cita adalah wajib belajar

09.00-09.30 Dengan siapa saja peserta belajar – bagi metacard – tempelkan – rangkum dan deskripsikan:  Mengetahui kompetensi sosial dalam proses belajar , Memahami bahwa semua orang adalah sumber belajar

09.30-10.00  Dimana saja peserta belajar – bagi metacard – tempelkan – rangkum dan deskripsikan : Memahami bahwa semua tempat adalah sekolah

10.00-10.30  Kapan peserta belajar -bagi metacard Tempelkan – rangkum dan deskripsikan Suruh beberapa siswa presentasi : Mengetahui pentingnya membagi waktu

10.30-10.45 Refleksi ; kesan peserta tentang apa yang sudah dihasilkan dengan memahami proses belajar

Hari Ketiga

07.30-07.15 Tadarus Al Qur;an

07.15- 07.45 Mengenal struktu/organisasi kelas Mengungkapakan pengalaman siswa waktu di SD/MI tentang struktu/organiasi kelas Apa yang kamu ketahui tentang struktur /organisasi kelas – bagi metacard – tempelkan – rangkum dan deskripsikan Memahami tentang struktur/organisasi kelas Struktur/organisasi kelas terdiri dari apa saja – bagi metacard – tempelkan – rangkum dan deskripsikan Hasil dari kegiatan di atas ditulis di metacard -bentuk kelompok -bagi metacard yang ada tulisannya secara acak Apa tugasdari tulisan yang kalian dapatkan -tempelkan -rangkum dan deskripsikan Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaanapa syarat-syaratmenjadi anggota struktur/organisasi kelas -bagi metcard sesuai dengan tulisan yang didapatkan -tempelkan -rangkum dan deskripsikan : Pembentukan struktur pengurus kelas Peserta mengorganisasikan sendiri dalam menentukan siapa saja yang menjadi anggota pengurus kelas Menerapkan pengalaman berorganisasi

Hari Keempat

07.00 – 07.15 Tadarus Al Qur’an ,  Semua peserta membaca Al Qur’an melanjutkan bacaan hari kemarin Lancar membaca al Qur’an

07.15 – 08.15 Refleksi hari kemarin & Game Kartu , Semua peserta mengambil kartu,kemudian menceritakan sesuatu yang telah diperoleh selama MOS dihubungkan dengan gambar yang ada didalam kartu : Cerdas, mengolah gambar menjadi cerita, lancar berpendapat

08.15 – 08.30 Pembagian kelompok ,  Setiap peserta berhitungmenggunakan nada, kemudian dibagi kelompok berdasar nada, kemudian masing masing kelompok disuruh membuat tabel /cerita / gambar untuk mempresentasikan apa yang telah didapat selama MOS : Tercipta kelompok, presentasihasil selama MOS

08.30 – 09.00 Sholat Dhuha / istirahat

09.00 – 10.00 Membuat bahan presentasi ,  Peserta berdiskusi secara kelompok untuk membuat bahan presentasi : Kompak, musyawarah

10.00 – 11.15 Presentasi ,  Peserta mempresentasikan hasil kelompoknya, peserta lain menyimak, fasilitator menanggapi (merefleksi), rayakan : Peserta mengungkapkan perasaan selama MOS

11.15 – 12.15 Mengkritik ,  Panitia membuat tabel (+) dan tabel ( – ) , Peserta menilai kinerja Fasilitator, OSIS, sarana MTs, kegiatan, materi – beberapa peserta membaca hasil penilaian : Peserta dapat mengkritisi hal hal yang mereka anggap kurang sreg (kritis)

12.15 – 13.00 Istirahat/ Sholat Dhuhur,  Sholat Berjama’ah

13.00 Pulang ….

Hari Kelima

07.00 – 07.15 Tadarus Al Qur’an ,  Semua peserta membaca Al Qur’an melanjutkan bacaan hari kemarin Lancar membaca al Qur’an

07.15 – 07.30 Refleksi hari kemarin & Game Tom & Jerry ,  Semua peserta berdiri melingkar, kemudian dibagikan 2 sarung, sarung tom dimasukkan satu kali dan sarung jerry dimasukkan 2 kali, diulang 2 / 3 kali Gemboira – Refleksi : sifat Tidak senang kalau temannya menderita

07.30 – 07.40 Manilai hasil selama MOS ,  Peserta menempel kertas warna pada tabel penilaian yang telah dibuat pada hari pertama : Menilai hasil untuk mereka sendiri dan Tahu perkembangan peserta selama MOS

07.40 – 07.45 Pembagian kelompok kecil ,  Fasilitator membagi peserta menjadi beberapa kelompok

07.40 – 08.30 harapan untuk MTs kedepan,  membuat gambar / membuat cerita idealnya mts kedepan secara berkelompok harapan untuk mts.

08.30 – 09.00 Sholat Dhuha / istirahat

09.00 – 09.30 Game rintangan ,  Dari masing – masing kelompok, Peserta dipilih yang paling muda dan paling tua masing-masing 3 anak, kemudian yang tua memberi komando kepada yang paling muda untuk melewati rintangan tali rafia yangtelah dibuat panitia – peserta yang muda ditutup matanya : Menjadi pemimpin yang dapat mengkoordinasi anak buahnya

09.30 – 10.00 Pemilihan pengurus kelas,  Masing – masingkelompok berdiskusi untuk memilih pengurus kelas : Terbentuknya pengurus kelas

10.00 – 11.00 Pengurus kelas membuat program kegiatan kelas,  Pengurus berdiskusi untuk membuat program kelas, dan peserta yang lain mengidentifikasi pelajaran yang mereka inginkan selama belajar di MTs. Daarul Ishlah : Pengurus / Peserta menentukan program dan mata pelajaran yang di inginkan di MTs.

11.00 –12.00 Presentasi,  Pengurus dan peserta mempresentasikan hasil diskusi mereka Bahan tindak lanjut untuk MTs. Daarul Ishlah

12.00 – 12.30 Sholat Dhuhur

12.30 –13.30 Membaca surat untuk teman rahasia ,  Setiap peserta membacakan surat untuk temen rahasianya, dan kemudian menyerahkan suratnya kepada temen rahasianya – panitia menilai surat terbaik : Ada kenangan dari dan untuk teman rahasia

13.30 – 13.45 Pemberian hadiah,  Panitia dan Fasilitator memberikan hadiah kepada peserta MOS yang paling giat, rajin atau yang surat rahasianya paling baik : Peserta merasa dihargai Hadiah : buku / lainnya

13.45 – 14.00 Upacara penutupan , game kebersamaan Petugas upacara semua dari peserta, fasilitator mengikuti upacara : Peserta bisa menjadi petugas upacara yang baik

14.00 …. Pulang …. Sebelum pulang, … Saling berjabat tangan, panitia, fasilitator dan peserta Tangan…..

2 comments on “MOS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s